Text
literasi gizi seimbang dalam konteks pembelajaran sains
Buku Literasi Gizi Seimbang dalam Konteks Pembelajaran Sains
Buku Literasi Gizi Seimbang dalam Konteks Pembelajaran Sains merupakan salah satu sumber bacaan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola gizi dan kesehatan yang berkaitan langsung dengan konsumsi pangan setiap hari. Buku ini menyajikan materi gizi seimbang dalam proses pembelajaran sains dengan metode pembelajaran literasi dan Creative Problem Solving Berbasis Multirepresentasi (CPSBM). Diharapkan kedua proses pembelajaran tersebut akan melatih mahasiswa dalam kemampuan literasi dan kemampuan pemecahan masalah secara kreatif dengan berbagai representasi sehingga dapat memutuskan tindakan yang paling baik dan benar berkaitan gizi seimbang.
Gizi seimbang merupakan pedoman gizi yang berlaku bagi masyarakat Indonesia, yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 14 Tahun 2014. Dengan menerapkan pedoman gizi seimbang dalam dengan baik dan benar akan dapat mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi. Buku ini diperuntukkan mahasiswa yang belajar pada program studi yang terkait dengan gizi, pangan dan kesehatan, seperti Ilmu Gizi, Gizi Masyarakat, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Tata Kecantikan, serta masyarakat umum.
Buku ajar ini diawali dengan menjelaskan tentang gizi, kesehatan dan pembelajarannya. Bab selanjutnya memuat prinsip gizi seimbang yang terdiri dari 4 (empat) pilar yaitu 1) mengonsumsi keanekaragaman pangan, 2) membiasakan perilaku hidup bersih, 3) melakukan aktivitas fisik dan 4) memantau berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal. Keunggulan buku ini adalah di dalam setiap bab disajikan 1) permasalahan pada setiap pilar yang diselesaikan dengan creative problem solving berbasis multirepresentasi, 2) literasi gizi dan kesehatan dengan contoh pertanyaan berpikir tingkat tinggi dengan kunci jawabannya, dan 3) hasil-hasil penelitian mutakhir dari jurnal-jurnal internasional bereputasi terkait materi memperkuat pemahaman tentang gizi seimbang.
1904871 | 612.307 1 SIT s | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain