Monograf Penggunaan Gadget Sebagai Dampak Gangguan Pemusatan Perhatian
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
1904215
612.8 ENN p
Tersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
612.8 ENN p
Penerbit
Yogyakarta :
deepublish.,
2021
Deskripsi Fisik
15.5×23 cm; x, 41 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-02-2779-0
Klasifikasi
612.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet 1
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Monograf Penggunaan Gadget Sebagai Dampak Gangguan Pemusatan Perhatian Edisi 2021
Gadget dulu hanya dimiliki oleh sebagian orang terutama dikalangan usia dewasa karena harganya yang mahal. Namun, sekarang gadget tidak hanya digunakan oleh kalangan dewasa, tetapi remaja dan anak pun sudah menggunakan gadget, hal ini berbanding lurus dengan harga gadget yang semakin murah. Penelitian tentang dampak gadget menunjukkan bahwa gadget dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti penyakit neurologis, kecanduan secara psikologi, kognisi, gangguan tidur, masalah-masalah perilaku bahkan dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker (Hardell, 2017).
Penggunaan gadget dapat memberikan dampak kepada anak, baik itu dampak negatif atau dampak positif. Hal ini didukung oleh hasil penelitian Simamora (2016) bahwa penggunaan gadget pada anak menurut orang tua lebih ke arah negatif. Adapun dampak negatif yang dirasakan oleh anak dari segi motorik, menerima pembelajaran dan kesulitan dalam hal sosialisasi dengan orang lain (Simamora, ASM, 2016).
Monograf ini merupakan salah satu luaran hasil penelitian Hibah RistekBrin Pendanaan Tahun 2020 sebagai bentuk luaran hasil penelitian yang berjudul Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Gangguan Pemusatan Perhatian Pada Anak Usia Sekolah. Dengan tersusunnya buku monograf ini di harapkan para orang tua, guru maupun pendamping anak usia sekolah bisa menambah wawasan dan pengetahuannya sebagai bentuk antisipasi dan proteksi kepada anak sekolah sehingga dampak yang terjadi pada penggunaan gadget bisa diminimalisasikan. Tujuan dari penyusunan monograf ini adalah mengetahui pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap gangguan pemusatan perhatian pada anak sekolah dasar.